Upacara Karya Tawur Agung, Mlaspas Dan Ngenteg Linggih Di Pura Penataran Pande Batur

  • 11 Juli 2017
Upacara Karya Tawur Agung, Mlaspas dan Ngenteg Linggih di Pura Penataran Pande Batur

Kegiatan upacara ini berlangsung setelah selesainya renovasi bangunan pelinggih di pura Penataran Pande yang termasuk Pura Catur Angga di kawasan Pura Ulundanu Batur, Kintamani.

Rangkaian upacara ini dijadwalkan sebagai berikut : pada hari Senin 3 Juli digelar upacara mapepada, Selasa 4 Juli upacara tawur agung melaspas, mapedagingan, dan nedunang Ida Batara kemudian Rabu 5 Juli melasti ke Segara Pegonjongan, Buleleng.

Kemudian pada hari Kamis (6 Juli dilakukan upacara memben, dilanjutkan Jumat 7 Juli mapepada wali dan Sabtu 8 Juli puncak karya, mamendak ke pegayungan, mapeselang, ngenteg linggih, dan ngingkup.
 
Rangkaian bakti penganyar akan dilakukan mulai hari Minggu 9 juli sampai dengan hari Rabu 19 Juli oleh warga Pande dari kabupaten/kota se-Bali.  Selanjutnya hari Selasa 11 Juli dilakukan upacara mekebat daun, wangun ayu dan nyenuk. Rabu 19 Juli akan dilakukan nuwek bagia dan nyineb Ida Betara. Rangkaian karya diakhiri dengan meajar-ajar ke Pura Goa Lawah pada hari Sabtu 22 Juli 2017.
 
Pura Panataran Pande Batur merupakan salah satu dari tiga pura yang di-emong warga Pande di Bali. Dua Pura yang lain adalah Pura Catur Lawa Ida Bhatara Ratu Bagus Pande Besakih di Karangasem dan Pura Penataran Pande Tamblingan yang terletak di tepi Danau Tamblingan, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.
  • 11 Juli 2017

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita