Lomba Baleganjur Kabupaten Bangli Di Dewi Penglipuran Tahun 2017

  • 11 Desember 2017
LOMBA BALEGANJUR KABUPATEN BANGLI DI DEWI PENGLIPURAN TAHUN 2017

Lomba Baleganjur untuk Umum yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tahun 2017 telah berlangsung pada hari Sabtu, 9 Desember 2017 di Desa Wisata Penglipuran yang dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli. Kegiatan ini diikuti oleh tujuh sekha dari seluruh Bali diantaranya Komunitas Seni dari Kabupaten Badung, Bangli dan Gianyar. Kegiatan ini berlangsung meriah dan mendapatkan antusiasme dari masyarakat dan wisatawan di Desa Wisata Penglipuran.

Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda tidak terjerumus dalam kegiatan negatif seperti narkotika termasuk kegiatan bebas lainnya. Kreatifitas peserta sangat dibutuhkan dalam kegiatan lomba ini, terutama ketepatan notasi dan keindahan suara. Dalam perkembangannya, banyak generasi muda melakukan modifikasi tabuh baleganjur sehingga memberikan warna yang semakin baik di kreasi seni ini.

Seni pertunjukan dan Pariwisata merupakan dua kegiatan yang saling memiliki keterkaitan yang sangat kuat. Seni pertunjukan dalam konteks industri pariwisata telah menjadi atraksi atau daya tarik wisata yang sangat penting dan menarik, khususnya apabila dikaitkan dengan kegiatan wisata budaya. Seni pertunjukan yang didalamnya antara lain mencakup seni tari, seni musik maupun seni pentas lainnya baik tradisional maupun modern, di berbagai daerah tujuan wisata di Indonesia khususnya di Bali. 

Pemerintah Kabupaten Bangli mengharapkan kegiatan ini dapat menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara dan menjadi salah satu event tahunan yang mampu melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah serta memberdayakan kearifan lokal.

  • 11 Desember 2017

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita