Lomba Baleganjur Untuk Umum Se-bangli Tahun 2017

  • 28 November 2017
LOMBA BALEGANJUR UNTUK UMUM SE-BANGLI TAHUN 2017

Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Baleganjur untuk Umum Se- Bangli Tahun 2017. Acara ini akan diselenggarakan di Desa Penglipuran nanti pada tanggal 9 Desember 2017. Pendaftaran peserta dibuka mulai tanggal 20 November 2017 sampai dengan 30 November 2017 dan hanya dibatasi peserta sebanyak 20 sekaa/sanggar.

Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda tidak terjerumus dalam kegiatan negatif seperti narkotika termasuk kegiatan bebas lainnya. Kreatifitas peserta sangat dibutuhkan dalam kegiatan lomba ini, terutama ketepatan notasi dan keindahan suara. Dalam perkembangannya, banyak generasi muda melakukan modifikasi tabuh baleganjur sehingga memberikan warna yang semakin baik di kreasi seni ini.

Gamelan Baleganjur pada awalnya difungsikan sebagai pengiring upacara ngaben atau pawai adat dan agama.Tapi dalam perkembangannya,sekarang peranan gamelan ini makin melebar.Kini gamelan baleganjur dipakai untuk mengiringi pawai kesenian,ikut dalam iringan pawai olahraga,mengiringi lomba laying-layang,dan ada juga yang dilombakan.

  • 28 November 2017

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita