Bakti Penganyar Pemerintah Kabupaten Bangli Di Pura Tuluk Biyu Batur, Kintamani

  • 11 Oktober 2017
Bakti Penganyar Pemerintah Kabupaten Bangli di Pura Tuluk Biyu Batur, Kintamani

Upacara Pengayaran di Pura Tuluk Biyu biasanya diikuti oleh seluruh Intansi Pemerintahan yang ada di Bali, yang bertujuan menghaturkan rasa syukur dan memohon keselamatn untuk pulau Bali ini. Pagi tadi tepatnya tanggal 11 Oktober 2017 jajaran OPD Pemkab.Bangli melaksanakan penganyaran di Pura Tuluk Biyu Batur Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli.

Upacara piodalan yang sudah dimulai pada tanggal 26 September 2017 dan  pada tanggal 5 Oktober 2017  yang bertepatan dengan hari purnama kapat yang merupakan puncak karya , dengan uleman yadnya berupa : pebangkit, kerbau, babi, bebek,dan tari – tarian berupa tari : Baris jojor, Baris Gede, tari Rejang dan  tari Pendet. 

Pura Tuluk Biyu yang sering disebut Pura Batur Kanginan ini tergolong Pura Dewa Pratistha. Artinya yang menjadi pusat pemujaan di Pura Tuluk Biyu ini adalah Tuhan sebagai Bhatara Siwa Giri Natha beserta dengan Saktinya yaitu Dewa Uma Parwati. Bhatara Siwa Giri Natha beserta dengan saktinya inilah sebagai Ista Dewata tertinggi yang di puja di Pura Teluk Biyu ini. Di pura ini memang ada beberapa pelinggih untuk memuja Dewa Pitara atau roh suci leluhur seperti adanya beberapa Pelinggih untuk memuja Dewa Pitara atau roh suci leluhur. Antara lain: Pelinggih Ida Ratu Maspahit Ida Ratu Dalem Majelekah, Majelanggu.(sumber : http://narasya.blogspot.co.id)

  • 11 Oktober 2017

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita